Selasa, 15 November 2011

Foto Panggung (Stage Photography)

Dalam foto panggung yang paling wajib untuk diperhatikan adalah kecepatan merekam cahaya dari kamera. Alasannya mutlak, karena aksi panggung selalu dihiasi dengan kecepatan gerak dan aksi. Tidak dipungkiri, banyak pemula dalam fotografi yang kewalahan dalam hal ini, atau dengan kata lain kesulitan dalam membuat foto bagus dari hasil foto panggung. Penyebab tidak terwujudnya foto panggung yang baik adalah lensa. Lensa yang baik yang mempunyai focal length (jarak) yang pas dan diafragma dengan bukaan yang besar. Bukaan diafragma yang besar menyebabkan sinar banyak yang masuk kedalam rana rekam. Dengan demikian kita tidak akan kekurangan cahaya untuk merekam. Cahaya yang masuk kedalam rana pastilah mendongkrak nilai kecepatan rekam.Hal lainnya adalah ISO. Semakin tinggi nilai ISO yang kita pasang [digital] akan semakin baik daya tangkap kecepatan dan daya tangkap cahaya. Kekurangannya menggunakan ISO yang tinggi nilainya menyebabkan hasil foto menjadi berbintik atau berpasir. Di fotografi biasa disebut dengan noise.
Oleh sebab itu, pergunakanlah lensa yang baik untuk memotret kejadian dipanggung, kemudian jarak yang pas untuk eksekusi, pemilihan metering [kecepatan & diafragma] yang tepat, serta ISO yang tinggi dan diperkirakan masih minim noise.
Jarak pemotretan dengan panggung sewajarnya adalah 1 sampai 2 meter didepan panggung dengan menggunakan lensa minimal 70mm. Dengan jarak sedemikian kita masih dapat mengambil komposisi tiap-tiap pemain diatas panggung. Dan dengan jarak sedemikian pula, kita masih dapat mengambil close up wajah pemain diatas panggung dengan angle dan focal length tertentu.
Metering favorite saya adalah speed 1/250 dengan diafragma f/3.4 (f/1.8 recomened) serta ISO diantara 500 – 800. Body kamera yang saya pakai Nikon D5000 dengan lensa Kit 18-55mm dan Sigma &0-300mm

Salam jepret......!


Berikut adalah beberapa foto panggung hasil jepretan saya;


 Performence Bangku Taman di BL Fair 22 oktober 2011




Aditional keyboard Bangku Taman at


 
 W. Nugroho (Bass and Vocal) at



  W. Nugroho (Bass and Vocal) at



Dedyk Eryanto (drummer) at





J. Irwin (Guitar) at

Tidak ada komentar:

Posting Komentar